6 Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

shares |

Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan – Akhir-akhir ini dunia kerap digegerkan tentang beredarnya rokok elektrik dipasaran. Keberadaan rokok elektrik ini menimbulkan tanda tanya besar apakah dampak yang ditimbulkan lebih buruk dari rokok pada umumnya atau justru lebih baik meskipun pada dasarnya rokok merupakan barang yang seharusnya kita hindari. Berdasarkan pernyataan yang diungkapkan oleh Kepala Medis American Lung Association menyebutkan bahwa rokok elektrik belum bisa dipastikan apakah aman bagi kesehatan atau tidak terutama untuk jangka panjang.
Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Sistem kerja dari rokok elektrik sendiri hampir mirip dengan rokok aslinya yaitu mengirim nikotin elektrik sehingga kita tetap merasakan sensasi selayaknya menghirup rokok tembakau. Lalu bagaimana dampak dari asap yang keluar dari rokok elektrik ini? Mengingat asap tersebut bukan berasal dari pembakaran tembakau. Berikut ini ada beberapa dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan rokok elektrik.

Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

1. Menyebabkan Kanker
Sama halnya dengan rokok tembakau pada umumnya, rokok elektrik juga dapat memicu terjadinya kanker karena mengandung senyawa berbahaya yang bernama nitrosamine. Senyawa tersebut mengganggu sistem pernapasan yang jika dikonsumsi setiap hari dapat menyebabkan penyakit kanker.

2. Merusak Paru-paru
Meskipun uap atau asap yang dihasilkan dari rokok elektrik berbeda dengan rokok tembakau pada umumnya? Namun efek yang ditimbulkan dari rokok elektrik tidak jauh berbeda dengan rokok tembakau. Asap rokok elektrik mengandung formalin dan molekul yang bersifat karsinogenik dimana molekul tersebut dapat merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya.

3. Polusi Udara
Sekecil apapun uap yang dihasilkan dari asap rokok pastinya akan menggangu pernapasan dan mencemari udara sekitar kita terlebih lagi jika uap yang keluar mengandung formalin tentunya sangat membahayakan tubuh baik untuk anda yang merokok ataupun mereka yang hanya menghirup asapnya saja.

4. Gangguan Pernapasan
Asap rokok elektrik mengandung dietilen glikol yang merupaka senyawa anti beku sehingga ketika masuk kedalam tubuh, asap tersebut tidak akan hilang begitu saja tetapi akan berubah menjadi racun dan mengganggu sistem pernapasan anda. Karena itu, kita harus berpikir dua kali sebelum anda menggunakan rokok elektrik.

5. Memicu Kerusakan Otak
Salah satu efek buruk asap rokok yang paling ditakuti adalah terjadinya kerusakan pada otak yang memicu kanker otak. Didalam rokok elektrik, terkandung senyawa tetramentylphyrazine yang merupakan biang kerok terjadinya kerusakan pada otak.

6. Efek Candu dan Ketagihan
Sama halnya dengan rokok tembakau, rokok elektrik juga memiliki efek yang dapat membuat kecanduan karena mengandung nikotin cair semacam narkoba yang dapat membahayakan kesehatan. Nikotin memberikan sensasi tersendiri bagi yang menghisapnya dan hal tersebut akan membuat kita kecanduan. Dari sini bahaya rokok elektrik akan mulai terlihat.

Pada dasarnya baik rokok elektrik maupun rokok tembakau sama-sama buruk bagi kesehatan. Karena itulah sebaiknya kita hindari dua benda yang satu ini meskipun dampaknya tidak begitu terasa tetapi akan sangat berpengaruh dikehidupan jangka panjang anda. Terimakasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar