Ketahui 6 Gejala Depresi Yang Sering Muncul Ini

shares |

Ketahui Gejala Depresi Yang Sering Muncul Ini – Depresi atau yang sering kita sebut sebagai stres merupakan salah satu masalah yang terjadi akibat beban pikiran yang erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Stres dapat menimpa siapa saja baik remaja maupun orang dewasa dengan berbagai penyebab. Untuk mengenali apakah depresi yang terjadi berat atau ringan maka perlu diperkenalkan gejala yang seringkali muncul ketika kita mengalami depresi.
Ketahui Gejala Depresi Yang Sering Muncul Ini

Bagi remaja yang mungkin mengalami depresi akibat putus cinta merupakan hal biasa, tetapi jika depresi yang terjadi karena masalah yang memberatkan pikiran kita tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan bahkan hingga memicu serangan jantung secara tiba-tiba. Berikut ini ada beberapa jenis gejala depresi yang sering muncul dan terjadi saat ini.

 Gejala Depresi Yang Sering Muncul

1. Lebh Peka Terhadap Rasa Sakit
Richard Kravitz, MD, MSPH menyebutkan bahwa ketika seseorang berada dalam kondisi psikis yang kurang baik maka tubuhnya akan lebih peka terhadap rasa sakit. Dalam penelitiannya tersebut mendapatkan hasil bahwa setidaknya 75% orang yang mengalami depresi akan merasakan nyeri pada bagian punggung dan leher terasa kaku.

2. Kenaikan Berat Badan
Meningkatnya berat badan bukan hanya disebabkan karena faktor makanan yang dikonsumsi, tetapi faktor pikiran yang stres juga dapat menjadi pemicu meningkatnya berat badan. Dari hasil penelitian di yang telah diungkapkan pad Jurnal Obesity menyebutkan bawha semakin tinggi tingkat stres seseorang maka semakin sulit pula seseorang untuk menurunkan berat badan.

3. Mudah Emosi
Orang yang mengalami stres biasanya akan mudah tersinggung dan emosi. Hal tersebut dikarenakan kondisi pikiran yang labil sehingga ketika mendengar atau mendapat informasi yang kurang pas akan memicu amarah yang tinggi dan juga rasa frustasi. Kondisi seperti ini tentu sangat buruk karena dapat menyebabkan seseorang mengalami goncangan jiwa.

4. Sering Melamun
Salah satu gejala yang ditimbulkan akibat stres berkepanjangan adalah membuat kita sering melamun. Memikirkan sesuatu hal menyedihkan yang telah terjadi seringkali menjadi pemicu seseorang untuk melamun. Rasa sedih dan cemas kerap muncul ketika kita dalam kondisi sendiri. Untuk itu, jika anda memiliki masalah keluarga atau lainnya, berbaurlah dengan lingkungan karena hal ini akan menghindarkan kita dari melamun dan stres.

5. Kesulitan Berfikir
Orang yang terkena stres atau depresi pasti akan mengalami kesulitan dalam berfikir. Ia akan kehilangan fokus bahkan untuk hal terkecil sekalipun. Karena itulah, orang yang bekerja dengan otaknya seringkali mengalami kesulitan untuk memecahkan masalah ketika dirinya tengah dirundung depresi dan stres.

6. Kurang Motivasi
Rasa malas yang seringkali muncul kerap menimbulkan masalah dalam kehidupan kita. Kurangnya motivasi akan membuat kita mengalami stres seperti orang yang tak punya arah tujuan hidup. Untuk itu, memotivasi diri agar menjadi lebih baik sangatlah penting agar kita memiliki tujuan yang harus kita capai.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar