Mengatasi Rambut Uban di Usia Muda

shares |

Mengatasi Rambut Uban di Usia Muda – Nampaknya kemunculan uban kerap menjadi masalah terlebih jika uban itu muncul ketika kita masi berusia muda. Uban biasanya muncul ketika kita sudah dewasa atau tua, maka dari itu ketika terdapat anak muda yang rambutnya sudah beruban pasti ia akan merasa malu dan kurang percaya diri. Namun sejatinya uban itu muncul karena hormon mengalami penyusutan sehingga proses regenerasi sel rambut menjadi terhambat dan membuat rambut beruban.
Mengatasi Rambut Uban di Usia Muda

Resiko rambut beruban diusia muda lebih banyak mengintai pria dibandingkan wanita karena biasanya wanita lebih memperhatikan kesehatan rambutnya dibanding pria. Pria lebih terkesan cuek terhadap penampilan sehingga ketika mulai tumbuh masalah pada rambut, barulah mereka menyadari bahwa hal tersebut mengganggu penampilannya. Anda bisa saja mencabut rambut yang beruban tersebut, namun apakah ia akan tumbuh lagi dengan rambut hitam kembali? Jawabannya adalah tidak.

Rambut beruban bisa diartikan sebagai rambut yang mati. Ia dapat tumbuh lagi namun dengan warna yang tetap putih atau mungkin bahkan rambut tersebut tidak dapat tumbuh kembali. Jika uban tersebut banyak dan seluruhnya anda cabut maka lama kelamaan akan menyebabkan kebotakan. Langkah yang harus anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah penanganan yang baik. Lakukan beberapa penanganan untuk mengatasi rambut beruban dan salah satu cara mengatasi rambut uban di usia muda adalah sebagai berikut.

Mengatasi Rambut Uban di Usia Muda


Menggunakan Biji Pepaya – Mungkin tak banyak yang tahu bahwa ternyata biji pepaya ini memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi masalah uban. Konon biji pepaya ini kerap digunakan oleh wanita keraton untuk menjaga warna hitam rambutnya. Sebenarnya uban itu muncul karena melanin tidak dapat memproduksi pigmen berwarna hitam sehingga muncullah uban atau mungkin bisa karena faktor keturunan. Anda bisa mencoba mengaplikasikan biji pepaya ini dengan sedikit tambahan minyak kelapa kemudian ditumbuk hingga halus dan oleskan pada rambut sambil dipijat. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal dua kali dalam seminggu agar anda terhindar dari rambut beruban.

Hidari Pewarnaan Rambut – Mewarnai rambut dapat menyebabkan rambut menjadi rusak dan mati. Bahan kimia yang terkadung dalam pewarna rambut inilah yang nantinya akan merusak pigme rambut. Jika anda ingin menutupi uban dengan cara menyemir rambut, usahakan anda menggunakan perwarna rambut yang berbahan dasar alami agar tidak menimbulkan efek samping yang justru dapat merusak kesehatan rambut.

Hindari Stres Yang Berlebihan – Stres yang berlebihan membuat kita terlihat cepat tua dan mempercepat tumbuhnya uban pada rambut. Berpikirlah secara dingin ketika kita memiliki masalah agar tidak menyebabkan penyakit. Selain penuaan dini, stres juga bisa menjadi pemicu penyakit berbahaya seperti stroke. Untuk itu hindari kebiasaan buruk seperti ini.

Mineral Yang Cukup Bagi Rambut – Untuk menjaga kesehatan rambut diperlukan beberapa jenis mineral atau vitamin rambut. Ada banyak jenis vitamin rambut yang dijual dipasaran dan silahkan anda gunakan vitamin tersebut karena bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan nutrisi, tetapi rambut juga membutuhkan zat tersebut agar tetap sehat. Namun sebisa mungkin gunakan yang berbahan dasar alami seperti minyak kemiri dan lidah buaya.

Ampas Teh – Siapa sangka barang yang tak berguna seperti ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan rambut. Jika setiap hari anda biasa minum teh, kami sarankan untuk tidak membuang ampas dari teh tersebut. Simpan terlebih dahulu selama satu atau dua hari kemudian anda manfaatkan untuk mengatasi rambut beruban caranya dengan menambahkan 1sdt garam. Aduh hingga tercampur rata kemudian anda aplikasikan pada rambut. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

Untuk dapat memiliki rambut yang sehat perlu dilakukan penanganan dan tindakan yang cepat. Selain itu anda juga harus bisa menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan uban muncul lebih cepat dari waktunya. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts

1 komentar