Penyebab Jantung Berdebar dan Cara Mengatasinya

shares |

Penyebab Jantung Berdebar dan Cara Mengatasinya – Jantung merupakan organ dalam yang paling penting dalam kehidupan. Jika organ ini berhenti bekerja, maka berhenti pula kehidupan seseorang. Karena itu, kesehatan jantung menjadi hal utama yang harus kita jaga agar dapat hidup sehat dan beraktifitas dengan baik. Masalah-masalah yang seringkali terjadi pada jantung seperti jantung berdebar tentu mengundang pertanyaan mengapa hal itu terjadi? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.
Penyebab Jantung Berdebar dan Cara Mengatasinya

Jantung berdebar dapat terjadi karena berbagai hal termasuk kebocoran pada jantung, penyakit jantung koroner, anemia, kurangnya asupan magnesium, merokok, minum-minuman keras dan lain sebagainya. Diantaranya banyaknya penyebab jantung berdebar, yang paling umum tejadi yaitu akibat dari ketidakseimbangan elektrolit, adrenalin dan gangguan yang berhubungan dengan kecemasan. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, bagi anda yang mengalami jantung berdebar? Cobalah beberapa treatmen alami berikut ini.

Cara Mengatasi Jantung Berdebar-debar

1. Mandi Dengan Air Dingin
Ketika jantung anda terasa berdebar-debar, cobalah mengatasinya dengan cara mandi menggunakan air dingin atau jika tidak anda juga bisa sekedar mencuci muka dan membasahi tubuh dengan air dingin. Tindakan ini bertujuan untuk mengembalikan irama jantung ke kondisi semula.

2. Latihan Pernapasan
Dengan latihan pernapasan, maka anda bisa mengatasi kecemasan yang menyebabkan jantung berdebar-debar. Buat diri anda fokus pada pernapasan anda dan pelajari beberapa jenis pernapasan seperti pernapasan perut, pernapasan diafragma dan pernapasan hidung. Pernapasan perut merupakan pernapasan dimana dilakukan melalui hidung namun dengan pikiran fokus pada perut sedangkan pernapasan diafragma adalah pernapasan yang dilakukan menggunakan hidung dan dikeluarkan melalui mulut.

3. Olahraga
Untuk mengembalikan jantung yang berdebar-debar, anda bisa coba dengan cara olahraga ringan. Olahraga ringan seperti berjalan dapat mengembalikan detak jantung ke posisi normal. Selain itu, dengan berolahraga maka tubuh anda juga akan terhindar dari penyakit jantung.

4. Magnesium
Kandungan nutrisi seperti magnesium mampu mengembalikan detak jantung yang tidak normal menjadi lebih produktif. Ada banyak jenis makanan yang banyak mengandung magnesium termasuk sayur dan buah-buahan. Atau selain itu anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang bisa anda beli ditoko-toko terdekat.

5. Bersantai
Regangkan tubuh, buat diri anda merasa nyaman senyaman-nyamannya. Hal ini akan menghindarkan kita dari stres dan depresi yang menyebabkan jantung berdebar kencang. Usahakan pula ketika jantung anda mulai menunjukkan aktifitas yang tidak normal? Tetaplah menjaga emosi dengan pikiran yang jernih dan dingin.

6. Hidrasi
Tubuh yang mengalami kekurangan cairan akan membuat jantung berdebar tak beraturan. Perlu anda ketahui bahwa tubuh membutuhkan cairan setidaknya 8 gelas perhari agar anda terhindar dari dehindrasi dan jantung berdebar.

Masalah pada jantung merupakan masalah besar yang harus kita cegah dan atasi. Untuk itu, kita harus tahu bagaimana penanganan yang tepat ketika jantung kita mengalami masalah seperti yang kami sebutkan diatas.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar