7 Tipe Vegetarianisme dan Manfaatnya Bagi Kamu yang Ingin Pola Hidup Sehat

shares |

Tren pola hidup sehat belakangan mulai menjamur disegala kalangan masyarakat dari yang muda hingga yang tua, dari masyarakat biasa hingga kalangan kantoran. Berbagai macam cara diterapkan, mulai dari sekedar menjalankan pola tidur yang benar, mengkonsumsi dua gelas air putih setelah bangun tidur, mengatur porsi makanan yang dikonsumsi, yoga dikantor, hingga berolahraga sampai menjelang tidur. Pun dengan alasan yang melatar belakanginya mulai ikutan trend, anjuran dari dokter, atau “ini sudah menjadi gaya hidup gue”. Alasan lain yang ikut melatar belakangi pola hidup sehat adalah demi menjaga kesehatan dan kebugaran. Karena itulah kita tahu istilah, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Selain mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin, ada beberapa kalangan yang memilih untuk menjadi vegetarian. Karena didasari ingin hidup yang lebih sehat dan panjang umur. Selain faktor tadi peduli terhadapa keberlangsungan ekosistem, masuk dalam kategori orang-orang penyayang binatang, dan kecantikkan juga menjadi alasan kuat lain. Ya, karena menjadi vegetarian banyak dipilih oleh kaum hawa, tidak sedikit juga kaum adam yang memilih menjadi vegetarian.

 Gambar Tipe Vegetarianisme via www.ruixinxin.com


Banyak orang yang masih beranggapan bahwa para vegetarian adalah orang-orang yang mengkonsumsi makan makanan berbahan dasar tumbuhan saja. Hal itu dikarenakan para vegetarian memilih untuk tidak mengkonsumsi daging hewan dan produk-produk olahannya. Anggapan yang seperti itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Tetapi, perlu kita ketahui bahwa ada beberapa type vegetarian berdasarkan apa yang mereka konsumsi.

Para vegetarian adalah orang-orang yang hanya makan sayur-sayuran selama hidupnya. Itu adalah anggapan umum dimasyarakat yang harus kita ubah. Kenapa? Karena para vegetarian terbagi menjadi beberapa tipe dan setiap tipe vegetarian punya aturannya masing-masing. Mari kita simak uraian berikut.


1. Vegan

Tipe vegetarian yang selalu jadi kambing hitam para vegetarian dalam anggapan masyarakat luas. Mereka adalah para vegetarian yang benar-benar hanya mengkonsumsi bahan-bahan yang berasal dari nabati. Karena para Vegab sama sekali tidak mengkonsumsi daging hewan daging merah, daging unggas, juga ikan-ikanan. Mereka juga tidak makan makanan olahan dari binatang seperti telur, susu, dan keju. Dengan kata lain mereka para vegan adalah vegetarian murni.

2. Lacto Vegetarian

Tipe vegetarian yang tetap tidak mengkonsumsi semua jenis daging (daging merah, daging unggas, dan ikan) dan telur. Tapi mereka masih mau minum susu dan semua olahan susu.

3. Lacto Ovo Vegetarian

Mereka para vegetarian yang tidak memakan semua jenis daging, tapi mereka masih mengkonsumsi makanan olahan dari telur dan susu.

4. Pesca Vegetarian


Gambar Pesca Vegetarian via www.222veggievegan.com
Pesca Vegetarian adalah yang mungkin paling sering kita jumpai. Karena mereka adalah para vegetarian yang masih memakan susu, telur dan ikan-ikanan.

5. Flexitarian

Sementara para Flexitarian adalah para vegetarian yang masih mengkonsumsi semua jenis daging dan olahannya sekali-kali. Yang satu ini bisa dikatakan tingkatan vegetarian pemula atau vegetarian magang. Karena banyak dari mereka yang pada akhirnya kembali menjadi “orang normal”, tapi tidak sedikit pula yang tetap memilih menjadi tipe Flexitarian.


6. Frutarian

Gambar Frutarian via www.222veggievegan.com

Tipe vegetarian yang banyak dipilih oleh kaum hawa. Kenapa? Dilihat dari namanya saja sudah ketahuan, karena mereka adalah tipe vegetarian yang hanya mengkonsumsi buah-buahan, biji-bijian dan juga kacang-kacangan yang banyak mengandung vitamin E. Tahu kan kenapa? Yup, karena vitamin E sangat berguna untuk kecantikan dan kesehatan kulit serta dipercaya membuat awet muda.


7. Raw Foodist

Para Vegetarian yang ekstrim. Mereka hanya mengkonsumsi makanan mentah, karena mereka menganggap proses memasak dapat merusak kandungan nutrisi yang mereka konsumsi. Oleh karenanya makanan mentah dan segar menjadi pilihan uatama mereka.
Gambar Raw Foodist via www.222veggievegan.com

Nah, mereka para vegetarian ini punya masalah klasik yang katanya selalu mereka hadapi. Mereka sering kesulitan mencari makanan vegetarian yang dijual dipasaran. Untuk para vegetarian pemula sangat sulit untuk melepaskan ketergantungan pada protein hewani yang biasa menjadi salah satu makanan pokoknya. Ditambah lagi, menurut beberapa catatan medis para vegetarian konon bau badannya beraroma lebih menyengat. Walaupun begitu, hal tersebut juga sulit untuk dibuktikan kebenarannya karena bau badan adalah genetika.

Vegetarian adalah pilihan yang dijalani oleh setiap pelakunya. Karena bukan merupakan paksaan melainkan gaya hidup yang dipilih dan dijalani atas kemauan pribadi. Bukan pula hanya sekedar gaya-gayaan belaka. Para vegetarian sadar akan manfaat yang mereka dapat dari menjalan pilihannya menjadi seorang vegetarian, serta sudut pandang baru yang mereka ambil.

Manfaat utama menjadi seorang vegetarian adalah memang untuk kesehatan. Yang mana kita tahu sayur-sayuran dan buah-buahan banyak mengandung banyak serat yang sangat baik sekali untuk saluran pencernaan kita. Sangat membantu dalam proses metabolisme tubuh sehari-sehari. Selain itu buah dan sayur juga banyak mengandung antioksidan yang dipercaya dapat mencegah penyakit-penyakit berat seperti, kanker, penyakit jantung atau diabetes.

Fakta lain, para vegetarian dipastikan hidup hebih lama dari orang pada umumnya, fakta tersebut dikatakan tidaklah mengejutkan. Karena mereka, para vegetarian berumur 6,1 tahun sampai 9,5 tahun lebih panjang dibanding mereka yang bukan vegetarian. Fakta itu dibuktikan pada studi yang dilakukan oleh Loma Linda University, California. Dan telah dipublikasikan di Academy of Nutrition and Dietetics 2012 Food & Nutrition Conference and Expo.
Vegetarian dipastikan hidup hebih lama via veganheath.info

Sementara para vegetarian dari kaum hawa, menjadi vegetarian akan menjaga dan meningkatkan kecantikan, membuat kulit awet muda karena biji-bijian dan kacang-kacangan banyak mengandung vitamin E. membantu menjaga tubuh supaya tetap langsing, karena buah dan sayur yang mengandung banyak serat sehingga sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh.


Vegetarian akan menjaga dan meningkatkan kecantikan via www.222veggievegan.com

Manfaat lain yang bisa dilihat dari para vegetarian adalah mengurangi pemanasan global atau global warming. Kita mungkin tidak terlalu menyadari bahwa industri peternakan juga menjadi salah satu penyebab pemanasan global juga ikut menyumbang terjadinya polusi udara karena limbah yang dihasilkan dari pengolahan hewan. Dari beberapa riset, pembuatan makan hewan juga ikut tingkat polusi udara bumi.

Dari segi ekonomi, para vegetarian yakin apa yang mereka jalani sangat membantu perekonimian karena kita tahu harga daging cukup mahal. Mungkin ini agak sedikit aneh, khususnya di Indonesia. Kita tahu Negara masih import untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, mereka melihat bahwa menjadi seorang vegetarian dapat mengurangi SATU orang kebutuhan konsumsi daging nasional.

Untuk dua alasan terakhir memang terdengar cliché, tapi coba kita hitung kembali manfaat yang didapat dari menjadi vegetarian. Banyak manfaat yang didapat, menghemat beban ekonomi pribadi karena kita tidak perlu membeli daging untuk dikonsumsi dan manfaat jangka panjang bisa didapatkan seperti untuk kesehatan dan kecantikan. Juga tambahan manfaat cliché yang menempatkan kemaslahatan hajat hidup orang banyak dimuka bumi dengan mengurangi jumlah polusi khususnya polusi udara dan mengurangi dampak pemanasan global, serta mengurangi beban import daging Negara khususnya Negara Indonesia.


Memutuskan menjadi vegetarian atau tidak adalah pilihan sendiri yang bisa kita pertimbangkan dari melihat manfaat maupun kendalanya, dan sudut pandang pribadi juga bisa kita tambahkan didalamnya. Menjadi sehat adalah keinginan dasar kita untuk hidup. Karena kita tahu didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar