Antioksidan, Investasi Kesehatan Untuk Masa Depan Kamu

shares |

Berhati-hatilah bagi kamu yang sering terkena stres atau tekanan seperti gelisah, marah, dan kesal. Ini merupakan pemicu radikal bebas secara internal. Untuk mengantisipasinya, mungkin kamu bisa berlibur untuk mencari kesenangan dan melakukan berbagai pencegahan lain.

Untuk membantu melindungi tubuh kamu dari efek buruk radikal bebas, tubuh kamu membutuhkan bahan makanan yang mengandung antioksidan. Ketika antioksidan bereaksi dengan radikal bebas, mereka akan saling berikatan dan bersatu. Selanjutnya akan terbentuk radikal bebas baru yang lebih lemah dan tidak berbahaya.

Karena tubuh kamu tidak secara alami dapat memproduksi antioksidan sesuai kebutuhan sehingga perlu bagi kamu mengonsumsi cukup makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Nah, apa saja sih makanan yang mengandung antioksidan? Yuk intip beberapa bocorannya di bawah ini:

1. Kurma
Kamu pasti tau dong sama buah yang hampir selalu menemani ketika berbuka puasa ini? Rasanya manis dan bentuknya bulat atau bahkan lonjong. Kurma memiliki warna yang kecoklatan sampai kehitaman.
Meskipun kecil, buah ini ternyata mengandung banyak nutrisi loh. Jajaran nutrisi yang ada di dalam sebuah kurma: kalium, serat, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, vitamin C, aspirin, salisilat, fosfor, sulfur, natrium, magnesium, cobalt, seng, fluorin, tembaga, mangan, selulosa, dan karbohidrat. Memang deh buah ini kecil-kecil cabe rawit ya!

Kandungan vitamin C pada kurma ini nih yang berperan sebagai antioksidan. Buah kecil ini mengandung antioksidan yang bersifat anti-hemoragik, anti-infeksi, dan anti-inflamasi.
Selain itu, kurma juga mengandung vitamin A yang bagus banget buat kesehatan mata kamu. Di samping itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat lho! Pas deh buat kamu yang takut cepat kerutan. Konsumsi buah yang kaya akan vitamin A ini juga dapat membantu melindungi kamu dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
Eits, buat kamu yang berprasangka jelek karena kurma ini manis jadi takut gendut lah, takut diabetes lah, nggak usah cemas guys. Buah kan mengandung gula alami, jadi nggak akan bikin kamu mengalami kegemukan dan diabetes.

2. Kismis

Kismis pada dasarnya adalah buah anggur (hijau atau hitam) yang kemudian dikeringkan. Jadi, jangan heran akan kandungan antioksidan pada kismis karena bahan dasarnya adalah anggur yang sudah mengandung zat antioksidan yang tinggi. Kamu bisa menemukan kismis pada roti yang biasa kamu konsumsi.

Salah satu dari antioksidan pada kismis yang sangat berguna dalam pencegahan tumor dan kanker kolon serta menjaga kesehatan jantung adalah Catechin. Kandungan Phenolic Phytonutrients nya memiliki fungsi sebagai pembunuh kuman dan antibiotik sehingga mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
Kismis juga mengandung senyawa antioksidan alami yang ternyata sangat ampuh untuk melawan bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi. Buat kamu yang nggak suka kismis dan suka membuang kismis yang ada pada roti yang biasa kamu makan, sebaiknya kebiasaan ini mulai sekarang ditinggalkan deh guys.

3. Strawberry
Siapa sih yang nggak suka dengan buah asam manis satu ini? Dengan warna merah dan aromanya yang segar. Kamu bisa mendapatkan buah ini dengan mudah di pasaran. Strawberi mengandung vitamin K, mangan, asam folat, potasium, riboflavin, vitamin B5, vitamin B6, magnesium dan omega 3. Oh, tentu saja mengandung zat antioksidan!
4. Jeruk

Biasanya jeruk dikonsumsi dalam bentuk minuman jus ataupun dimakan secara langsung. Rasanya yang asam manis dan warnanya yang terang ini sangat menggugah selera, apalagi jika dibuat minuman dingin dan dinikmati saat musim kemarau!
Jeruk  sangat kaya akan vitamin C yang ternyata baik untuk mencegah beberapa penyakit seperti pengeroposan tulang, batu ginjal, asma, dan anemia. Selain itu juga, ternyata buah ini bisa banget membantu kamu yang mau menurunkan kolesterol.
Tahukah kamu? Selain vitamin C yang melimpah ruah, dalam buah oranye ini juga terkandung protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, besi, vitamin A, serta vitamin B1 yang tentunya dalam takaran yang kecil. Nah, makanya kamu jangan malas-malas makan buah sehat dan segar ini ya.

5. Lemon

Kamu tahu kan yang mana namanya buah jeruk lemon? Itu lho yang bentuknya bulat kecil dan berwarna oranye. Rasanya asam dan memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Jadi kalau kamu nggak suka asam, bisa deh ditambah gula dalam jus kamu.
Buah lemon ini nih, berfungsi dalam menyembuhkan gangguan pencernaan. Jadi segala hal yang menyangkut organ pencernaan terutama usus kamu, kayak meningkatkan kinerja usus, bisa banget diatasi dengan rajin mengonsumsi jeruk lemon ini
Kalau kamu punya masalah sama lambung kamu , seperti mual dan kembung, buah ini disaranin banget deh buat kamu. Ketika hendak berpergian jauh dengan berkendara dan kamu tipe orang yang suka mabuk perjalanan, bisa deh buah ini dikonsumsi sebelum perjalanan sebagai pengganti obat antimabuk kamu itu.

6. Tomat

Bagi wanita, tomat mungkin sering kamu gunakan sebagai masker wajah untuk kecantikan kulit. Bahan pelengkap makanan juga iya. Dikonsumsi secara langsung juga oke. Tomat ini juga mudah ditemukan dan murah harganya.

Seperti juga cabai, tomat merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sejumlah mineral penting yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Buah merah ini juga mengandung sejumlah pigmen alami yang berupa karotenoid antara lain beta-karoten, likopen, lutein dan beta-cryptoxanthin.


7. Apel
Kamu pasti tau dan pernah makan buah yang satu ini. Apel, buah yang sangat mudah didapatkan di mana-mana dan beragam jenisnya. Tahukah kamu jika apel ini mengandung  flavonoid yang jumlahnya sangat tinggi. Nah, zat ini bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker paru-paru. Jadi kalau kamu mau paru-paru kamu sehat maka banyak-banyak makan buah apel ya.

Apel juga mengandung  fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan dan bisa memerangi kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik. Antioksidan pada buah apel ini dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah kamu. Ketika pembuluh darah kamu normal, jantung kamu pun akan normal juga. Jadi kalau mau jantung kamu tetap sehat dan berumur panjang, makan apel sangat disarankan.

Dewasa ini banyak ditemukan suplemen antioksidan yang dijual di pasaran. Namun, kamu tahu dong jika antioksidan dalam buah dan sayur tentunya lebih aman dan sehat. Bahkan, katanya suplemen ini bisa mendatangkan risiko jika dikonsumsi bersamaan dengan obat lain lho.

Kamu percaya nggak, jika konsumsi suplemen antioksidan yang berlebih dapat mengganggu kesehatan kamu? Jadi, mulai sekarang bisa deh kamu kurangi konsumsi suplemen, lebih baik perbanyak makan makanan alami sebagai sumber antioksidan kamu ya. Di samping lebih sehat, makanan alami tersebut tidak akan mendatangkan risiko.

Tidak hanya konsumsi makanan kaya antiosidan untuk mencapai hidup yang sehat guys. Padukan juga dengan cara hidup sehat seperti istirahat secukupnya dan berolahraga. Jadi mulailah melakukan kebiasaan, gaya hidup dan pola makan yang sehat. Selain untuk kesehatan, hal tersebut juga baik bagi kecantikan kamu!

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar