Budidaya Tanaman Hias Mawar Secara Hidroponik

shares |

Mawar merupakan tanaman hias yang sering kali di gunakan untuk melambangkan perasaan seseorang, seperti mawar merah untuk melambangkan rasa cinta seseorang. Biasanya orang-orang akan membeli bunga mawar ini di toko bunga yang sudah di kemas menggunakan plastik hias.

Namun pernahkah anda berfikir untuk mencoba menanam tanaman hidroponik hias berduri ini sendiri? Jika iya, tentu saja akan sangat menyenangkan. Tidak hanya dapat di petik untuk di berikan pada orang terkasih, namun tanaman hias ini juga akan memperindah rumah anda.


Akan tetapi banyak orang yang tidak melakukannya dengan alasan tidak memiliki lahan yang cukup. Sebenarnya untuk membudidayakan tanaman hias mawar anda tak harus memiliki lahan, karena anda dapat melakukan budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik.

Hidroponik sendiri adalah metode penanaman tumbuhan yang menggunakan unsur air sebagai media tanam utama dan pengganti media taman unsur hara.

Lalu bagaimanakah cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik ini? Apakah perawatan dan bahan-bahan yang di butuhkan banyak dan ribet? Untuk kejelasannya, simak ulasanya cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik berikut ini :

Persiapan

Sebelum melakukan budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik, terlebih dahulu anda harus menyiapkan media tanam dan tanaman bunga mawar yang akan di tanam.

Media tanam yang di butuhkan yaitu pot plastik, batu kecil-kecil dan arang. Pemilihan pot plastik ini bertujuan agar pot tidak berkarat layaknya pot logam yang teredam air dan terkena sinar matahari secara terus menerus.

Anda juga membutuhkan nutrisi tanaman hias mawar yang berupa nutrisi AB mix, dapatkan nutrisi ini di toko pertanian terdekat.

Penanaman

Langkah berikutnya untuk budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik adalah dengan menanam tanaman mawar pada media yang telah di siapkan. Pertama-tama anda posisikan tanaman mawar pada pot plastik, kemudian susun batu kecil-kecil dan arang untuk menjaga tanaman mawar agar tidak roboh.

Tips lain agar tanaman mawar tidak roboh sebaiknya pilih pot plastik yang agak tinggi. Setelah itu, kemudian siramkan larutan nutrisi yang terdiri dari campuran nutrisi A dan nutrisi B pada pot plastik tersebut.

Pastikan larutan nutrisi mencapai ketinggian hingga 4/5 tinggi pot. Jika anda enggan menggunakan nutrisi AB mix, maka bisa membuat sendiri dengan cara melarutkan pupuk urea 1 kg, pupuk daun, pupuk npk, pupuk kcl serta 20 liter air.

Campur semua bahan tersebut hingga berbentuk larutan kental. Kemudian larutkan lagi bahan-bahan tersebut dengan 100 liter air. Setelah itu baru pupuk siap di gunakan sebagai nutrisi tanaman hias mawar.

Perawatan

Budidaya tanaman hias mawar secara sistem hidroponik bisa di bilag adalah budidaya tanaman dengan perawatan termudah. Bayangkan, anda hanya perlu mengganti larutan nutrisi 1 bulan sekali.

Serta mengawasi pertumbuhan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman hias seperti lumut dan rumput.

Coba budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik dan buktikan sendiri kemudahannya. Untuk mengetahui tentang tanaman hidroponik silahkan pelajari di blog sistemhidroponik.com sangat di rekomendasikan !!

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar